Portal Unique

5 Binatang yang Baru Saja Punah, Sedih Ya

Sekarang ini di Bumi tahun demi tahun hewannya mengalami kepunahan. Polusi alam, kerusakan habitat, perburuan liar serta berkurangnya hutan karena pembangunan manusia.

Dalam 540 juta tahun sudah ada 5 kali kepunahan masal, termasuk hilangnya Dinosaurus yang diduga karena meteor raksasa, serta punahnya hewan pada jaman es (Ice Age) karena iklim ekstrim di bumi tanpa campur tangan manusia.

Sekarang para ahli mengkhawatirkan akan ada kepunahan masal ke-6, dan itu sudah dimulai. butuh sekitar 900 tahun dari sekarang akan terjadi kepunahan fauna masal jika perilaku manusia terhadap alam tidak berubah. Itu semua tergantung kepada manusia pada jaman ini.

Berikut conservationinstitute.org menjelaskan 5 binatang yang dalam 15 tahun terakhir dinyatakan punah.

1. Javan Tiger atau Harimau Jawa
image by connsy.tgcsitechecker.com

Dinyatakan punah pada tahun 2003
Harimau Jawa adalah ordo kucing besar yang hidup di sekitar hutan Jawa, tapi Harimau Jawa adalah harimau paling kecil jika dibandingan dengan jenis harimau lainnya, berat yang jantan sekitar 100-140 Kg dan betinya nya sekitar 77-113 Kg. Ukuran kecil nya terbentuk karena ukuran mangsa di tanah jawa. Teorinya adalah semakin kecil mangasanya maka semakin kecil pula predatornya.

Pada kurun waktu 1800-1900an Harimau Jawa mendiami setiap hutan di pulau jawa dari Banten sampai Jawa Timur. Hingga orang-orang pribumi memaksa mereka masuk kehutan di pegunungan karena gencarnya pembukaan lahan pertanian.

Pada tahun 1972 Harimau Jawa terakhir bisa ditemukan di Taman Nasional Meru Betiri, Jember, Jawa Timur. Penliti dari LIPI dan Kementrian Kehutanan menduga masih ada sisa-sisa populasi Harimau Jawa di pedalaman Taman Nasional Ujung Kulon, Hutan Pantai Priangan Selatan. dalam 30 tahun kebelakang (sekitar 1980) warga Taman Hutan Bandung Raya (Taman Hutan Raya Djuanda) sempat melihat keberadaan Harimau Jawa. Namun kebenarannya masih perlu diteliti apakah murni Harimau Jawa atau hasil perkawinan silang dengan harimau lain.

Kepunanhannya terjadi karena perburuan, hilangnya habitat hutan serta berkurangnya mangsa.

2. Western Black Rhinoceros atau Badak Hitam Afrika Barat
image by connsy.tgcsitechecker.com

Dinyatakan punah pada tahun 2018.
Badak sudah ada sejak jaman prasejarah dan merupakan mamalia darat terbesar kedua di dunia setelah gajah, dan faktanya semua badak terancam punah. Western Black Rhino dinyatakan punah tahun ini, 2018 sehingga sekarang tersisa 4 sub-spesies yang juga terancam punah termasuk badak cula satu di Ujung Kulon..

Meskipun tubuh mereka besar tapi kecepatan larinya sangat cepat, mencapai 65km/jam. Meskipun larinya cepat tapi penglihatan badak tidak begitu baik, makanya sering menabrakan dirinya kepohon jika ada yang memasuki daerah kekuasaanya.

Seperti kerbau mereka senang berkubang dilumpur untuk melindungi kulit mereka dari terik matahari dan sinar UV. Jika perlahan mendekai sebenarnya kita bisa mengelusnya dan sebenarnya badak cukup jinak kepada manusia.

Kepunahan terjadi karena perburuan untuk dijual di pasar gelap, karena 2 cula yang mereka miliki sangat mahal harganya nya, dan juga bisa menjadi bahan obat kecantikan yang sangat mahaljuga.
Keberadaan terakhir mereka terlihat di Kamerun, Afrika Barat.

3. Southern Gastric Brooding Frog atau Katak Lambung Selatan
image by Pinterest

Dinyatakan punah pada tahun 2002.
Para ilmuan menduga katak ini bisa menjadi obat manjur bagi sakit maag, karena katak ini bisa mengeluarkan asamlambungnya sendiri keluar lewat mulut.

Katak ini adalah amfibi yang mendiami hutan hujan tropis, hutan dengan banyak sungai terutama di Australia. Terakhir ditemukan di alam liar pada tahun 1981 dan secara resmi dinyatakan punah pada tahun 2002. Penyebab kepunahan belum diketahui.

4. Pinta Island Tortoise atau Kura-Kura Pulau Pinta
image by Pinterest


Spesies terakhir mati pada tahun 2012
Sudah lama dinyatakan punah, tapi kemunculan terakhir di alam liar ditemukan pada tahun 1972 dan dipindahkan ke Pusat Penelitian Charles Darwin dan dia diberi nama "Lonesome George. Bisa bertahan sekitar 40 tahun di penangkaran. Dia mati karena gagal jantung. Padahal mereka bisa bertahan hidup cukup lama tanpa minum dan makan.

Umur rata-rata Kura-Kura Pinta adalah sekitar 200 tahun. Awal kepunahan nya adalah karena perburuan suku asli Pinta (suku asli pulau Galapagos) sebagai bekal makanan segar ketika akan berburu Paus.

5. Baiji River Dolphin atau Lumba-Lumba Sungai Baiji
image by Pinterest


Punah (fungsional) pada tahun 2006.
Lumba-lumba sungai Baiji sudah terancam punah sejak tahun 1996, lembaga-lembaga konservasi sudah mengupayakan untuk melindungi nya dari kepunahan,tapi tidak berhasil karena limbah dan polusi sungai yang terus menerus mengotori sungai.

Penampakan terakhir terlihat pada tahun 2001, mereka menyusuri sungai Yangtze di China untuk menemukan yang terakhir dari mereka dan sudah tidak ditemukan lagi. Pada tahun 2006 resmi dinyatakan punah.

Orang Cina mengganggap jika lumba-lumba sungai baiji adalah harta nasional negara, mereka mempercayai mitos jika lumba-lumba air tawar ini adalah putri kerajaan yang tenggelam dan ber-reinkarnasi menjadi lumba-lumba.

Lalu lintas kapal yang padat, penangkapan ikan yang berlebihan, pembangunan bendungan, pengerukan dan pencemaran air menjadikan lingkungan yang tidak memungkinkan bagi Lumba-lumba Sungai Baiji untuk bertahan hidup.

Dengan makin banyaknya hewan-hewan eksotik yang punah bisa menjadi pertanda untuk kita sebagai manusia untuk lebih menyayangi alam sekitar, terutama binatang-binatang langka karena tidak menutup kemungkinan 15 tahun kedepan akan ada lagi spesies yang hilang dari muka bumi ini. Mari berubah dengan mulai dari hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya dan mulai saat ini juga dan mulai dari diri sendiri.

Portal Unique

Tentang Portal Unique -

Perkenalkan saya Rizky Maulana, seorang introvert yang menyukai hal-hal unik dan menarik yang berbau Sains, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Seorang blogger yang juga menyukai desain grafis dan dunia film. Hope you like my blog.

Berlangganan via Email :