Portal Unique

5 Kebakaran Terburuk Sepanjang Sejarah

Entah disebabkan oleh alam atau kecerobohan manusia, data dari thoughtco.com menjelaskan, setidaknya ada 5 kebakaran terburuk dan mematikan sepanjang sejarah

1. The Black Saturday Bushfire - 2009 - Australia

image by blacksaturdayfires.com

Kebakaran ini sebenarnya adalah kumpulan kebakaran hutan yang terjadi di seluruh Australia, yang jumlahnya mencapai 400 titik api dan terjadi pada 7 Februari hingga 14 Maret 2009 (Black Saturday mengacu pada hari ketika kebakaran dimulai). Ketika api berhasil dipadamkan, 173 orang tewas (diantaranya 1 petugas pemadam kebakaran), 414 orang terluka, belum lagi jutaan satwa liar Australia yang mati terbakar atau terluka. Lebih dari 440 ribu hektar telah hangus, serta 3.500 bangunan hangus di puluhan kota. Penyebab dari berbagai kebakaran adalah rusaknya jalur kabel listrik dan percikan api menyentuh semak-semak yang kering ditambah gelombang panas serta angin yang kencang.

2. The Peshtigo Fire - 1871 - US

image by aleteia.org

Badai api ini menghanguskan sekitar 1.5 juta hektar wilayah di Wisconsin dan Michigan pada bulan Oktober 1871, menghanguskan selusin kota. Hembusan api sangat kuat sampai-sampai api membara melintasi langit Green Bay. Diperkirakan 1.500 orang tewas dalam kebakaran tersebut, sangat sulit untuk mendapat data pasti, malah diperkirakan korban mencapai 2.500 orang, karena beberapa tubuh hangus tak tersisa hingga ketulang. Kebakaran dipicu dari pembakaran lahan yang dimaksudkan untuk pembuatan jalur kereta api baru. Secara bersamaan kebakaran Peshtigo terjadi berbarengan dengan kebakaran Great Chicago Fire dan menjadi sejarah besar kota Peshtigo. Beberapa orang mengklaim jika kebarakan terjadi karena komet yang jatuh, tapi para ahli mengabaikannya.

3. The Black Friday Bushfires - 1939 - Australia

image by otwaylifemagazine

Lebih dari 2 juta hekar wilayah terbakar, terjadi pada 13 Januari 1939 dan menjadi salah satu kebakaran terbesar di dunia. Dipicu karena cuaca yang panas serta kecerobohan beberapa orang. Menewaskan 71 orang serta menghanguskan seluruh kota, kurang lebih 1000 rumah luluh lantak serta membakar 69 pabrik pengolahan kayu. 3/4 negara bagian Victoria, Australia dilahap si jago merah, pemerintah menyebut jika kebakaran ini menjadi salah satu sejarah terburuk Victoria, sampai asap dan abu pembakarannya sampai ke Selandia Baru. Kebakaran untungnya berhasil dipadamkan oleh hujan badai pada tangal 15 Januari. Sejak saat itu pemerintah Australia benar-benar memberi perhatian lebih kepada departemen pemadam kebakarannya.

4. The Miramichi Fire - 1825 - Kanada
image by cottagelife.com

Api melahap lebih dari 1.2juta hektar di wilayah Maine dan provinsi New Brunswick, Kanada pada bulan Oktober 1825. Menewaskan kurang lebih 160 orang serta 1500 jiwa kehilangan tempat tinggal, dan tentu saja bangunan-bangunan di kota tersebut hangus terbakar. Penyebab kebakaran belum diketahui pasti tapi cuaca panas diduga menjadi penyebab kebakaran. Api membakar sekitar 1/5 hutan New Brunswick.

5. Greek Forest Fire - 2007 - Yunani
image by telegraph.co.uk

Rangkaian kebakaran terjadi di Yunani, dimulai pada 28 Juni hingga 3 September 2007 (sekitar 3 bulan) dipicu karena cuaca panas serta kecerobohan orang-orang (membuang puntung rokok, percikan alat elektronik dsb) menyebabkan 3000 titik kebakaran. Sekitar 2100 bangunan hangus terbakar, 270rb hektar wilayah terbakar serta menewaskan 84 orang. Kobaran api sangat dekat dengan situs bersejarah seperi Olympia dan Athena. Terjadi beberapa hari sebelum pemilu di Yunani dan menjadi perbincangan politik karena oposisi menuduh pemerintah tidak becus menangani bencana kebakaran tersebut.



Sumber : thoughtco.com/worlds-worst-wildfires-3555052

Portal Unique

Tentang Portal Unique -

Perkenalkan saya Rizky Maulana, seorang introvert yang menyukai hal-hal unik dan menarik yang berbau Sains, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Seorang blogger yang juga menyukai desain grafis dan dunia film. Hope you like my blog.

Berlangganan via Email :