Portal Unique

6 Makanan Yang Berbahaya Untuk Kucing

Hai CatLovers, pada postingan kali ini saya akan memberikan tips 5 makanan yang seharusnya tidak kamu berikan kepada kucing kesayangan mu, karena bisa menjadi berbahaya dan bisa jadi racun jika masuk kedalam perut kucing kamu.

Mungkin kamu pernah memberi makan snack atau camilan kepada kucing kesayangan kamu, tapi jangan sampai salah memberi makan camilan karena bisa berbahaya.

Hillspet.com menjelaskan setidaknya ada 6 makanan yang seharunya tidak kamu berikan kepada kucing kesayanganmu.

image by catster.com

1. Bawang Merah atau Bawang Putih

Bawang merah, putih ataupun bawang daun bisa merusak sel darah merah pada kucing, dan dapat menyebabkan anemia pada kucing jika dimakan dalam jumlah besar. Begitu juga jika sudah tercampur kedalam sup, gorengan atau olahan makanan lainnya jika terlalu sering dan terlalu banyak maka bisa beracun. Gejala awal biasanya kucing menjadi lesu, nafsu makan berkurang, gusi menjadi pucat, dan urin berwarna merah gelap, jika sudah demikian segera bawa kucing anda ke dokter hewan.

2. Telur Mentah, Daging Mentah dan Tulang
Sama seperti manusia jika terlalu banyak makan dagin mentah akan menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella dan E.Coli, begitu juga dengan kucing, mungkin kucing liar sedikit lebih resistan tapi jika kucing rumahan biasanya akan gampang sakit jika terus diberi makan telur mentah, daging mentah atau tulang sapi/ayam utuh. Telur mentah juga mempunyai enzim yang bisa merusak kulit dan bulu pada kucing. Dan sebisa mungkin jauhkan dari tulang utuh karena kucing kamu bisa tersedak, merusak saluran pencernaan dan merusak gigi mereka.

3. Cokelat dan Minuman Berkafein
Sering kita mendengar coklat sangat berbahaya bagi anjing, begitu juga dengan kucing, bisa menjadi racun. Meksipun kucing sangat menyukai makanan yang mengandung coklat. Cokelat mengandung zat yang disebut methylxanthines, yang dapat menyebabkan muntah dan diare, suhu tubuh yang tinggi, tremor otot, irama jantung yang abnormal, ketidaknyamanan perut, peningkatan rasa haus, dan kejang-kejang. Methylxanthines juga ditemukan dalam minuman berkafein dan harus dihindari. Temui dokter hewan kamu jika kucing kamu mengalami gejala-gejala ini. Sebagai aturan umum, coklat gelap lebih berbahaya daripada susu coklat dan coklat putih.

4. Alkohol serta Adonan Mentah
Minuman beralkohol dan makanan yang mengandung alkohol bisa berbahaya bagi kucing kamu. Jika sudah termakan bisa menyebabkan muntah, diare, tremor, disorientasi, kesulitan bernapas, koma, dan bahkan kematian. Penting juga untuk menjauhkan kucing dari adonan kue/gorengan mentah. Adonan mentah menyebabkan ekspansi di perut, atau menciptakan reaksi alkohol di perut kucing kamu.

5. Anggur dan Kismis
Sedikit buah anggur dan kismis bisa membuat kucing kamu sakit,bahkan bisa membuat mereka mengalami gagal ginjal dalam 12 jam. Meskipun beberapa kucing tidak bereaksi terhadap kismis tapi jika terlalu sering akan berbahaya.

6. Makanan Anjing
Jika kamu punya kucing dan anjing dalam satu rumah usahakan jangan memberi makanan anjing pada kucing kesayangan kamu. Meskipun makanan anjing tidak beracun bagi kucing, kucing membutuhkan nutrisi yang sangat berbeda dengan anjing. Makanan kucing harus mengandung banyak vitamin A, taurin, asam arakidonat dan protein, dan makanan anjing memiliki tingkat nutrisi yang jauh lebih rendah. Anjing dapat bertahan hidup dengan kadar vitamin A dan protein yang lebih rendah, sementara kucing tidak bisa. Anjing juga bisa menghasilkan taurine dan asam arakidonat, tetapi kucing harus memiliki asam ini dalam makanan mereka. Tanpa jumlah taurine yang cukup, kemungkinan kucing kamu terkena penyakit jantung lebih besar, memperburuk penglihatan nya, dan bisa menimbulkan masalah pada gigi.

Portal Unique

Tentang Portal Unique -

Perkenalkan saya Rizky Maulana, seorang introvert yang menyukai hal-hal unik dan menarik yang berbau Sains, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Seorang blogger yang juga menyukai desain grafis dan dunia film. Hope you like my blog.

Berlangganan via Email :