Portal Unique

7 Makhluk Laut Aneh yang Baru Ditemukan, Semuanya dari Perairan Indonesia lho!

Para ilmuan yang tergabung dalam South Java Deep Sea Biodiversity Expedition 2018 telah mengumumkan temuannya dalam eksplorasi laut dalam di lepas pantai Jawa Barat dan Banten selama 14 hari ekspedisi.

April 2018 para ilmuan menantang ombak besar pantai selatan Jawa selama 16 jam, para ilmuan dari South Java Deep Sea Biodiversity Expedition 2018 atau SJADES 2018 telah menungkap gambaran tentang apa yang ada di bawah laut Indonesia yang belum dieksplorasi.

Tim ilmuan yang berasal dari Singapura dan Indonesia, melakukan start dari Muara Baru, Jakarta pada tanggal 23 Maret 2018 dengan menaiki kapal Baruna Jaya VIII. Para ilmuan menyelidiki perairan dan laut dalam antara 500 sampai 2000 meter di sekitar Selat Sunda dan laut selatan Jawa Barat, berusaha mendokumentasikan keanekaragaman hayati dan hewani disana. Ekspedisi berakhir pada tangal 5 April 2018.

Sampel yang dikumpulkan ini masih bisa bertambah, dan akan di umukan pada dunia pada tahun 2020 di sebuah konferensi Indonesia tentunya. Dengan output semua dokumentasinya bisa dilihat semua orang di museum.

asianscientist.com merilis, berikut 7 makhluk laut dalam yang berpenampilan aneh di laut terdalam yang ditemukan baru-baru ini di Indonesia.

1. Ice Cream Cone Worm 
Atau Cacing Corong Es Krim, cacing sepanjang 6 cm ini termasuk family Pectinariidae yang hidup dikedalaman 300 meter. Ketika tumbuh ia membangun tulang berbentuk kerucut dan duri disekitar mulutnya berguna untuk menggali.

2. Dumbo Octopus
Atau Gurita Dumbo, hidup di kedalaman 900 meter dan termasuk kedalam family Opisthoteuthidae, namanya berasal dari kemiripan nya dengan karakter gajah, Dumbo di film animasi Disney. Ketika dipegang gurita ini memliki bentuk seperti jelly dan berwarna ungu gelap.

3. Cock-eyed Squid
Atau Cumi bermata ayam (atau penis,sungguh nama yang tidak beruntung :D), berasal dari family Histieuthidae, mata besar yang menghadap kebawah berfunsi untuk melihat mangsanya selagi berenang. sementara mata satunya lagi yang lebih kecil menghadap ke atas untuk memonitor jika ada predator.

4. Darth Vader Isopod
Atau Isopod Darth Vader, mendapat namanya dari karakter fiksi jahat di film Star Wars, isopod sebenarnya kecoa yang hidup dilaut, dia termasuk dalam family Cirolanidae, tim ekspedisi mendapatkannya dikedalaman 900 meter di bawah permukaan laut.

5. Chains Saw Lobster
Atau Lobster Gergaji Mesin, tidak perlu dijelaskan lebih dalam darimana dia mendapatkan namanya. Yap, satu tangan nya (sebelah kanan) mempunyai capit yang menyerupai gergaji mesin. Nama ilmianya adalah Thaumastocheles massonktenos, para ilmuan memprediksi jika cakar nya bukan digunakan untuk berburu tapi menjaring hewan-hewan kecil dibawah laut.

6. Snow White Lobster
Atau Lobster Putih Salju, berwarna putih susu, nama aslinya adalah Munidopsis nitida, didapat dikedalaman 800 meter. Panjangnya sekitar 4 cm dan ditemukan dibekas kayu-kayu yang tenggelam. kayu busuk menjadi makanan utamanya.

7. Fang tooth
Fang tooth sebenarnya bukan spesies baru, tapi tidak disangka bisa ditemukan juga dilaut selatan Jawa. Ikan ini yang paling menakutkan penampilannya, gigi-nya yang tajam dan panjang membuat mangsa-nya mustahil bisa kabur setelah tertangkap. Ikan ini berukuran rata-rata 10 cm dan ditemukan dikedalaman 500 meter.


Sumber: www.asianscientist.com/2018/04/features/7-bizarre-deep-sea-creatures-discovered-sjades/

Portal Unique

Tentang Portal Unique -

Perkenalkan saya Rizky Maulana, seorang introvert yang menyukai hal-hal unik dan menarik yang berbau Sains, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Seorang blogger yang juga menyukai desain grafis dan dunia film. Hope you like my blog.

Berlangganan via Email :