Portal Unique

5 Fakta Unik Tentang NASA

NASA adalah lembaga antariksa paling terkenal di Dunia. Sejarah NASA memang aneh, berbelit-belit, dan penuh dengan rahasia. NASA juga termasuk ke dalam masalah keamanan nasional dan semangat nasional Amerika Serikat semenjak perang dingin dimulai. Semua bentuk sains hampir ada didalam NASA, mulai dari astronomi, teknologi, fisika, kimia, seni sampai psikologi. Beberapa hal konyol juga terjadi sebelum muncul proyek-proyek besar NASA ada seperti sekarang ini.

1. Tes Guncangan
image by geek.com

NASA pernah melakukan tes simulasi goncangan disebuah terowongan yang hampa udara, untuk melakukan simulasi luar angkasa. Guncangan dan getaran adalah salah satu hal yang paling ditakuti para insinyur di NASA, oleh karena itu mereka melakukan simulasi di dalam terowongan tersebut dengan memebuat ruangan hampa udara dan goncangan buatan yang super kuat.

2. Gold Foil
image by geek.com

Jika kita sering melihat aluminium foil, maka NASA punya gold foil atau lembaran-lembaran emas. Tidak hanya namanya saja tapi NASA benar-benar menggunakan emas asli untuk kebutuhan project nya. Emas bisa melindungi dan memantulkan lebih banyak cahaya matahari sehingga menjadi perlindungan eksta untuk para astronot. Bisa menghentikan partikel-partikel bahaya diluar angkasa, serta partikel berenergi tinggi (seperti sinar UV dll). Dan lebih mudah melalui atmosfer bumi saat meroket ke luar angkasa. Biaya yang dikeluarkanpun tentu sangat besar.

3. Tes Gravitasi oleh Hewan
image by nasa.gov

Sebelum manusia melakukan tes ruang nol gravitasi, dulu pada awal NASA melakukan tes, hewan lah yang selalu jadi percobaan lebih dahulu, untuk mencoba tes nol gravitasi sampai tes gravitasi rendah. Begitu juga dengan misi penerbangan luar angkasa nya, awal-awal mereka selalu mengirim hewan terlebih dahulu untuk alasan keselamatan para astronot nantinya. Hewan yang biasa jadi bahan percobaan yaitu katak, burung, mamalia (monyet, anjing, kucing, tikus dll) sampai ikan dan serangga, bahkan NASA pernah mendatangkan platypus.

4. NASA dan Militer
image by geek.com

Banyak orang tidak mengetahuinya, sebagai lembaga "masa depan" yang sangat canggih, banyak politisi yang melihat NASA sebagai sumber kekuatan militer yang paling strategis. Yang sebenarnya NASA adalah murni lembaga ilmiah.

Militer ingin roket yang membawa bom bukan astronot. Disatu sisi NASA juga butuh dana dari para politikus, disisi  lain NASA ingin menjadi wadah bagi semua ilmuan diseluruh dunia. Hingga akhirnya NASA membuat sub-divisi DARPA dan NSA untuk kepentingan itu semua.

5. Membayar orang untuk tidak melakukan apa-apa
image by geek.com

Selain uji gravitasi, pelatihan astronot, NASA juga melakukan tes (dengan bayaran yang sangat besar tentunya) kepada relawan yang hanya diam tanpa melakukan apa-apa. Ini dilakukan untuk mendapatkan efek mental dan fisik ketika selama di pesawat ulang-alik atau saat ada diluar angkasa.
Selain tes diam, NASA akan membayar $9000 kepada relawan yang ini melakukan tes kurungan (mirip seperti hidup di penjara tapi ini berbeda), yaitu tes diam di satu ruangan selama 70 hari tanpa keluar, para peserta tes berada disebuah ruangan kecil dan hanya disediakan tempat tidur dan tempat buang air.



Sumber : www.geek.com/news/7-weird-facts-about-nasa-1599396/

Portal Unique

Tentang Portal Unique -

Perkenalkan saya Rizky Maulana, seorang introvert yang menyukai hal-hal unik dan menarik yang berbau Sains, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Seorang blogger yang juga menyukai desain grafis dan dunia film. Hope you like my blog.

Berlangganan via Email :