Portal Unique

5 Makhluk Penghisap Darah, Vampir yang Sebenarnya

Beberapa hewan di dunia ini menargetkan darah sebagai makanan utama mereka, sebagai sumber protein, mungkin terlihat aneh dan mengerikan, tapi sebenarnya tidak, dari segi evolusi makanan mereka menyesuaikan dari lingkungan sekitar selama ribuan tahun dan jadilah mereka seperti sekarang.

Dari discoverwildlife.com berikut 5 makhluk penghisap darah yangada di dunia nyata.

1. Vampire Bat (Kelelawar Vampir)
image by sciencemag.org
Ketika kita melihat film Vampir atau Dracula maka ada satu hal yang terlintas dari benak kita yaitu kelelawar, yah vampir identik dengan kelelawar. Kelelawar adalah mamalia yang bisa terbang dari ordo Ceolenterata dan dari 1.200 spesies kelelawar nyatanya hanya ada satu sub-family penghisap darah yaitu Desmodontinae. Dia menggunakan kemampuan ultrasoniknya untuk mendengar pergerakan nafas mangsanya dan jika sudah dekat dia akan mendengarkan gesekan aliran darah di pembuluh darah mangsanya sehingga dia menggigit di daerah yang tepat. Kelelawar vampir bisa menambah lemak seketika saat menghisap darah. Mangsa utama mereka biasanya hewan ternak seperti sapi, kambing, kuda dan juga hewan peliharaan seperti anjing, kucing, ayam dan dalam satu kasus manusia juga tidak luput dari incarannya.

Spesies yang paling terkenal dan satu-satunya yang menghisap darah manusia, adalah Desmodus rotundus. Meskipun mereka menularkan rabies, dampak keseluruhannya pada manusia sangat bermanfaat. Jenis Desmoteplese, air liurnya yang mengandung zat ananticoagulan, dapat digunakan untuk meningkatkan aliran darah pada pasien stroke. Mereka adalah vampir penyelamat, the real Edward Cullen :D

2. Candiru Fish (Ikan Kandiru)
image by ultureshock-survival.blogspot.com
Salah satu ikan yang paling berbahaya bagi manusia, dia adalah ikan sejenis catfish/lele dengan ukuran yang sangat kecil. Mereka sangat berbahaya karena kebiasaan mereka masuk kedalam saluran penis manusia, yah meskipun kejadian sangat sangat jarang sekali terjadi, biasanya mereka masuk kedalam tubuh ikan melalui insang ikan dan menghisap darah mereka. Mereka menjadi parasit sampai berhari-hari dan mendapat sumpai makanan dari inang nya yakni berupa darah.

3. Vampire Moth (Ngengat Vampir)
image by monstermadnezz.blogspot.com
Jennifer Zaspel, seorang ahli entomologi (ilmu yang membahas serangga jenis Artropoda Arachnida/ Arachnoidea, Millepoda dan Centipoda). dari University of Florida, dia telah menemukan sekelompok ngengat fruktarian yang sebelumnya dalam sejarah adalah pemakan buah dan sari bunga menjadi peminum darah. Ngengat itu menggunakan mulutnya yang berberbentuk kait dan jarum untuk menembus kulit manusia dan menghisap darah, seperti nyamuk. Ini adalah salah satu evolusi besar dan unik dari hewan menghisap darah.

4. Sea Lamprey (Lintah Laut)
image by invadingspesies.com
image by wikimedia.org
Sejenis ikan yang mirip lintah dengan gigi-gigi yang tajam dan mengerikan seperti makhluk dari luar angkasa. Lamprey laut ini biasa menempel pada ikan salmon yang berenang menuju hulu sungai, ikan besar, hiu, lumba-lumba sampai paus. Dan mereka mendapat nutrisi dari darah inangnya selama mereka menjadi parasit.

5. Vampire Finch
image by simonjpierce.com
Charles Darwin menyaksikan banyak keajaiban hewan-hewan di Kepulauan Galapagos salah satunya burung Finch, Darwin menginformasikan berbagai teorinya tentang beberapa jenis burung Finch. Tetapi Darwin melewatkan beberapa hal, di antaranya sisi gelap Geospiza difficilis spetentrionalis, sub-spesies Finch kutub endemik pulau Wolf dan pulau Darwin. Makanan utamanya adalah biji dan serangga, tapi dia juga haus darah. Ia merangkak ke bagian belakang burung laut dan menggunakan paruh panjangnya untuk mematuk ke dalam pembuluh darah di dasar bulu inangnya. Pulau-pulau di bagian Itshome adalah pulau yang paling kering di antara pulau lainnya di Kep.Galapagos, jadi mungkin ia butuh 'minum' sebagai penyegaran, dan sumber yang ada adalah darah, karena kurangnya sumber cairan lain.

Teori lain mengatakan saat Finch memakan kutu yang ada di badan burung laut dan lama kelamaan berevolusi untuk memakan jalur arteri darah nya, mengambil nutrisi yang lebih besar.



Sumber : RobDunn on www.discoverwildlife.com/animal-facts/halloween-5-blood-sucking-creatures/

Portal Unique

Tentang Portal Unique -

Perkenalkan saya Rizky Maulana, seorang introvert yang menyukai hal-hal unik dan menarik yang berbau Sains, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Seorang blogger yang juga menyukai desain grafis dan dunia film. Hope you like my blog.

Berlangganan via Email :